Kamis, 23 Juni 2011

Menjaga tali Silaturahmi

Bismillahirrahmaanirrahiim

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( مَنْ أََحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ عَلَيْهِ فِي رِزْقِهِ, وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ, فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ ) أَخْرَجَهُ اَلْبُخَارِيُّ


Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa ingin dilapangkan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya ia menghubungkan tali silaturahmi." Riwayat Bukhari.


Dalam hadits di atas jelas bahwa apabila kita ingin di luaskan rizkinya maka sambungkanlah silaturahmi, dan apabila kita ingin di panjangkan umurnya maka sambungkanlah tali silaturahmi, maksud dari panjang umur disini bukan berarti umur kita didunia jadi tambah. tetapi walaupun kita sudah meniggal maka diri kita akan terus dikenang oleh orang, apabila semasa hidup kita sering bersilaturahmi dengan orang, maka apabila kita meniggal, orang-orang pasti akan mengingat kita, mengingat kebaikan kita, itulah maksud dari dipanjangkan umur kita apabila kita menyambungkan tali silaturahmi.

Jadi kenapa kita harus menyambungkan tali silaturahmi, yaitu supaya kekerabatan antar umat islam lebih terjalin dengan baik, apabila sudah terjalin dengan baik, maka umat islam tidak akan pernah gampang bercerai berai, dan umat islam akan menjadi kuat.

Dalam hadits lain disebutkan bahwa orang yang memutuskan tali silaturahmi tidak akan masuk surga


وَعَنْ جُبَيْرِ بْنِ مُطْعِمٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( لَا يَدْخُلُ اَلْجَنَّةَ قَاطِعٌ ) يَعْنِي قَاطِعَ رَحِمٍ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Dari Jubair Ibnu Muth'im Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Tidak akan masuk surga seorang pemutus, yaitu pemutus tali kekerabatan." Muttafaq Alaihi.

Jadi sebaiknya kita menjaga tali silaturahmi antar muslim, jangan sampai karena berbeda pendapat tali silaturahmi terputus. Sudah jelas disebutkan bahwa tidak akan masuk surga pemutus tali silaturahmi. Maka kita jaga tali silaturahmi sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klik