Selasa, 25 Oktober 2011

Cara Memperbaiki OS (oprating System )

Gejala Kerusakan :
- Saat pertama anda menjalankan komputer ada beberapa proses yaitu, P.O.S.T ( Power On Self Test) yaitu loading konfigurasi Bios Untuk Mengecek keberadaan Konfigurasi Hardware, kemudian Proses Booting. Saat proses booting…tidak ditemukan booting system. Akan ada beberapa keterangan yang menyatakan gagalnya pencarian system booting, seperti : Invalid system error, Insert disk system. Load OS error, atau hanya krusor yang berkdip-kedip di ujung sebelah kiri atas monitor.
Penyebab :
File System Bootable yaitu COMMAND.COM tidak ditketemukan di MBR (Master Boot Record) biasanya terhapus atau Rusak.
Untuk Windows 9X
Solusinya :
Anda Harus mempunyai Disk StartUp/Bootable : Bisa didapat dengan cara membuatnya di Windows (Control Panel – Add New Programs – Start Up Disk). Atau dengan menggunakan CD Master Instaler Win95 atau 98 versi bootable. (Pastikan disk startup tersebut harus sama versinya dengan system yang anda gunakan).
Jika menggunakan Disk StartUp : Booting melalui Floppy Disk, dan jika menggunakan CD, booting dari Cdrom kemudian ketik : SYS C: enter..
Untuk mengatur system botting, apakah yang pertama booting dari Floppy dulu atau dari Cdrom dulu atau dari Harddisk dulu? Bisa anda lihat di Setup BIOS : (Masalah Bios ini sudah kita bahas sebelumnya)
Setelah anda melakukan Booting, maka akan muncul A Prompt, cari file SYS.COM dan ketikan :
A:> SYS C: ENTER
System transferred
Artinya proses copy system berhasil
Kemudian ketikan perintah :
A>Fdisk /mbr ENTER
Artinya : Perintah tersebut berfungsi untuk mempartisi kembali Master boot record yang rusak.
Langkah selanjutnya : Anda tinggal melakukan booting ulang dengan cara menekan tombol reset atau menekan tuts keyboard (Ctrl – Alt – Del) secara bersamaan. Dan Windows pun akan normal
kembali. Tapi jika tidak…..yang muncul hanya prompt C:> Anda hanya tinggal menginstall windows, dan tak perlu menginstall keseluruhan programnya.
Untuk WindowsXP
Solusinya :
Booting dari CDROM dengan menggunakan CD Master WindowsXP, Anda hanya tinggal melakukan install windows, dan pilih menu Repair. Prosesnya sama seperti install ulang. (Tapi anda tidak perlu menginstal keseluruhan aplikasi program yang lainnya, karena bila menggunakan pilihan Repair hanya system yang rusaknya saja yang diperbaiki).
Moga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klik