Jumat, 26 Agustus 2011

Cara Melacak Lokasi Pengirim E-mail


Setiap ada eMail yang masuk ke inbox anda, mungkin anda akan bertanya dimana sebenarnya lokasi server dari pengirim email tersebut. Lokasi server merupakan tempat dimana diletakkannya komputer server tempat pengelolaan mail yang masuk maupun yang keluar.
Melacak Lokasi Asli eMail Server dari IP Address nya ImagePada dasarnya ada dua langkah yang dalam proses ini yaitu menemukan IP address dari email tersebut pada bagian header mail dan kemudian mencari lokasi dari IP address yang anda temukan. Pada artikel kali ini, yang dibahas adalah mencari lokasi IP address yang dikirim ke Google Mail (Gmail), Yahoo Mail dan Outlook Express. Kami menggunakan ketiga email ini karena ketiganya merupakan mail yang paling banyak digunakan saat ini. Untuk mail lain pada dasarnya sama saja karena hampir tidak ada perbedaan antara mail server yang satu dengan yang lain.

Google Mail (Gmail)

  • Buka account Gmail yang anda punya. Defaultnya di http://mail.google.com
  • Buka salah satu email yang masuk.
    Melacak Lokasi Asli eMail Server dari IP Address nya Image
  • Klik “Show Original” dibagian paling dari email yang telah anda buka.
    Melacak Lokasi Asli eMail Server dari IP Address nya Image
  • Cari text yang bertuliskan “Received: from” cari sebuah IP address di baris yang sama. Jika kesulitan untuk menemukannya, gunakan tombol cepat pencarian menggunakan “Ctrl + F” dan ketik Received: from untuk menemukannya. Pada contoh bisa terlihat, kalau mail tersebut berasal dari server dengan nama mx007.twitter.com dengan IP address 128.121.146.143 yang dialihkan ke postmaster.twitter.com dan dikirimkan ke Gmail.
    Melacak Lokasi Asli eMail Server dari IP Address nya Image

Yahoo! Mail

  • Sama seperti di Gmail, buka Yahoo Mail di web browser anda. Defaultnya adalah http://mail.yahoo.com
  • Buka salah satu email yang masuk.
  • Pada bagian menu atas, klik Actions dan pilih View Full Header.
    Melacak Lokasi Asli eMail Server dari IP Address nya Image
  • Pada popup yang keluar, sama seperti di Gmail, cari text yang bertuliskan “Received: from” dan disitu akan terlihat nama server dan IP address asli dari pengirim email.
    Melacak Lokasi Asli eMail Server dari IP Address nya Image

Outlook Express Mail

  • Buka Outlook Express.
  • Buka salah satu email yang masuk.
  • Klik File kemudian klik Properties di email yang anda buka.
    Melacak Lokasi Asli eMail Server dari IP Address nya Image
  • Klik tab Detail s dan seperti sebelumnya akan terlihat apa nama server dan berapa IP Address-nya.
    Melacak Lokasi Asli eMail Server dari IP Address nya Image
Sekarang, anda sudah tahu nama server dan IP address dari email yang masuk. Coba anda catat atau copy dan paste ke website berikut untuk mengetahui dimana lokasi dari IP address email yang masuk ke inbox anda. Sebagai contoh, kami gunakan email yang masuk pada Gmail dengan IP address 128.121.146.143.
Pertama, buka halaman web dengan alamat http://www.ip2location.com/free.asp dan masukkan IP address-nya. Kita lihat, dimanakan lokasi dari IP address email yang masuk.
Melacak Lokasi Asli eMail Server dari IP Address nya Image
Yang kedua, kita bisa memasukkan IP address yang kita peroleh di http://www.ipaddresslocation.org/ip-address-locator.php
Melacak Lokasi Asli eMail Server dari IP Address nya Image
Bandingkan keduanya, hasilnya dipastikan sama. Kalau misal hasilnya berbeda, kemungkinan terjadi perubahan (update) database IP address pada website tersebut sedangkan di website yang lain belum terjadi perubahan (dalam artian belum di update).
Selain menggunakan kedua website di atas, masih banyak web yang bisa anda gunakan untuk melacak IP address dari lokasi email yang masuk ke inbox anda. Coba anga gunakan Google untuk mencarinya degan kata kunci ip location, ip address location, ip locator, ip map location dan kombinasi kata kunci lain.
Sekarang, dengan trik ini anda bisa belajar menjadi “intelligent” atau seorang “hacker” untuk mengetahui siapa sebenarnya dan dari mana email yang masuk ke inbox anda.
Selamat mencoba!! Melacak Lokasi Asli eMail Server dari IP Address nya Image

Jumat, 19 Agustus 2011

Free Download karoke lagu anak

 
Bagi anda yang mencari baik lirik lagu, Lagu mp3 anak-anak, atau Midi Karaoke anak-anak mungkin agak kesusahan dan biasanya berbayar. Pada kesempatan ini saya akan berusaha menyumbangkan beberapa koleksi Lagu anak-anak baik dalam berupa Mp3 atau Koleksi karaoke Midi. Bagi yang ingin berkaraoke ria bersama putra dan putri tercinta, anda bisa menggunakan sebuah program gratis dari vanBasco's Karaoke Player dan midinya bisa di download dari blog ini. Program ini bisa di install di komputer pribadi anda untuk bisa berkaraoke dengan menampilakn teks lagu yang anda putarkan.

Untuk Segera mendapatkannya silahkan anda mendownload dari Folder 4shared Saya :

Download Karaoke Lagu Anak-anak

Untuk Download Softwarenya Silahkan melalui link ini :

Download vanBasco's Karaoke Player.


Saya akan berusaha mengupdate lagu anak-anak tersebut seiringnya waktu. Semoga bisa bermanfaat untuk kecerdasan Putra putri anda, Amin.
KLIK ! Jika informasi ini bermanfaat untuk anda, terimakasih.

Kamis, 18 Agustus 2011

Sejarah Gitar

Kata ‘gitar’ atau guitar dalam bahasa Inggris, pada mulanya diambil dari nama alat musik petik kuno di wilayah Persia pada kira-kira tahun 1500 SM yang dikenal sebagai citar atau sehtar. Alat musik ini kemudian berkembang menjadi berbagai macam model gitar kuno yang dikenal dengan istilah umum tanbur. Pada tahun 300 SM Tanbur Persia dikembangkan oleh bangsa Yunani dan enam abad kemudian oleh bangsa Romawi (Bellow, 1970:54-55). Pada tahun 476M alat musik ini dibawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol dan bertransformasi menjadi: (1) guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi, dan (2) Guitarra Latina untuk memainkan akor. Tiga abad kemudian bangsa Arab membawa semacam gitar gambus dengan sebutan al ud ke Spanyol (Summerfield, 1982:12). Berdasarkan konstruksi al ud Arab dan kedua model gitar dari Romawi tersebut, bangsa Spanyol kemudian membuat alat musiknya sendiri yang disebut vihuela. Sebagai hasilnya, vihuela menjadi populer di Spanyol sementara alat-alat musik pendahulunya sedikit demi sedikit ditinggalkan. Walaupun demikian al ud dibawa orang ke negara-negara Eropa Barat dan menyaingi popularitas vihuela di Spanyol. Di Eropa al ud disambut dengan baik dan berkembang menjadi berbagai model lute Eropa hingga kira-kira akhir abad ke-17. Sementara itu vihuela berkembang terus menjadi berbagai macam gitar selama berabad-abad hingga akhirnya menjadi gitar klasik yang digunakan pada saat ini.
Keaslian gitar tidak dapat dilihat dari keantikannya. Beberapa ahli merasa alat ini berasal dari benua Afrika, dimana banyak Replika modern dalam bentuk kotak bulat seperti kulit kerang dengan Gut / benang benang sutera, di banyak daerah benua itu. Ahli lain menemukan alat ini dalam bentuk kaca di relief relief batu tua di zaman Asia Tengah dan Asia Kuno. Bahan pemikiran lain juga timbul dengan ditemukannya vas vas Yunani Kuno yang bercorak. Greek Strings mungkin adalah alat pertama yang dikatagorikan sebagai gitar. Gitar modern kemungkinan berakar dari gitar Spanyol, tetapi berbagai jenis gitar seperti instrumen instrumen yang kita bisa saksikan dilukisan lukisan pada zaman Medieval dan Renaiassance yang banyak terdapat di seluruh Eropa.

Kontruksi Gitar

Tubuh gitar klasik terdiri dari tiga bagian utama yaitu kepala, leher dan badan. Pada bagian kepala terdapat mesin penala dawai. Dawai gitar yang berjumlah enam utas masing-masing diikatkan pada enam buah pasak yang merupakan bagian dari mesin penala. Bagian leher terdapat di antara kepala dan badan. Bagian muka leher yang masuk hingga kira-kira seperempat papan muka dari badan gitar, merupakan papan jari yang memiliki 19 pembatas dari logam yang dikenal dengan sebutan fret. Fungsinya adalah untuk memproduksi tingkat ketinggian nada yang berbeda dengan jalan menempatkan jari-jari pada ruang-ruang di antara logam-logam fret. Bagian badan gitar berfungsi sebagai tabung resonator untuk memperbesar bunyi yang dihasilkan oleh getaran dawai. Papan muka pada badan gitar yang bahan kayunya lebih tipis dibanding papan belakang dan samping, disebut juga sebagai papan suara. Pada papan suara terdapat lobang suara untuk mengeluarkan hasil produksi bunyi. Pada dasarnya bunyi gitar dihasilkan oleh getaran dawai-dawai yang terentang di antara batang penyanggah dawai yang merupakan pembatas antara kepala dan leher (disebut nut) dengan gading pembatas (disebut bridge) pada pangkal pengikat dawai di atas papan suara (disebut base).

Jenis Gitar

  • The Pick Guitar
The Pick guitar dimainkan dengan memetik senar dengan sebuah pick, dimana pick ini bentuknya bulat pipih seperti buah Almond yang terbuat dari tempurung penyu atau plastik.
Perbedaan gitar jenis ini adalah terdapat 2 buah lubang suara yang berbentuk S-Shaped pada badan bagian depan gitar. Senarnya terbuat dari kawat dan tersambung pada Tailpiece / ujung pengikat senar. Fingerboard / leher gitar berdekatan dan ditandai dengan garis besi / namanya Frets. Frets merupakan tempat dimana jari tangan sebelah kiri menekan senar. Gunanya untuk mempermudah bagi pemain untuk mencari not not dan bermain dengan irama.
Sejak pertengahan dekade 30-an, Pick Guitar telah dibuat / diubah menjadi Electric Guitar dengan memasang Contact Microphone dibawah senar atau Pickups. Kemudian Pickup itu disambungkan dengan Loudspeaker. The Pick Guitar dan Electric Guitar yang paling sering digunakan dalam musik Jazz, band band dansa dan grup Rock.
Pada umumnya, gitar mempunyai jumlah dawai 6; lalu muncul gitar dengan 12 dawai yang lebih lazim digunakan dalam kancah musik country. Pada dekade 50-an, muncul gitar dengan dua neck (fretboard); yang satu berdawai 6 dan satunya berdawai 12 (seperti yang sering digunakan oleh John McLaughlin). Kemudian muncul pula gitar berdawai 7 (seperti yang biasa dipakai oleh Bucky Pizzarelli), bahkan muncul pula gitar berdawai 10. Elektrik gitar lalu berkembang; Solid-Body (seperti yang sudah dijelaskan diatas tanpa bunyi resonansi, hingga benar-benar suara elektrik) jenis gitar hollow-body dan semi-hollowed. Jenis elektrik gitar seperti itu lazim digunakan dalam kancah musik rock / pop. Jenis elektrik gitar tersebut pun berlanjut dengan penggunaan aneka macam sound effect.
Bagian dari Electric Guitar
Gitar adalah unsur terpenting dalam sebuah band. Gitar yang kita kenal di zaman sekarang ini mempunyai jenis dan bentuk yang beraneka ragam. Tetapi yang akan kita bahas kali ini adalah inti dari bagian-bagian guitar.
  • The Finger-Style Guitar
The Finger-Style Guitar dimainkan dengan memetik senar dengan jari jari. Senar senarnya terbuat dari Nylon, Sutera dan kawat. Gitar ini mempunyai satu lingkaran lubang suara. The Fingerboard mempunyai Frets seperti Pick Guitar tetapi lebih lebar. Banyak karya dari para maestro klasik, diantaranya Bach dan Chopin, telah diaransemen untuk gitar. Gitar, baik yang The Finger-Style Guitar ataupun The Pick Guitar, kerapkali menjadi favorit bagi penyanyi lagu lagu daerah. Sebuah bentuk musik gitar yang popular tapi sulit adalah Flamenco, tarian Gypsy Spanyol.
Post : Wikipedia

Merekan Gitar yang paling banyak dipakai oleh gitaris dunia.

Gitar merupakan instrumen musik yang paling umum di planet ini. Dari instument ini pula lahir para seniman, baik yang menggeluti seni pembuatan gitar, maupun pemain gitar itu sendiri. Sejarah gitar sendiri tidak banyak diketahui (mungkin dalam posting lainnya saya akan menyajikan sejarah gitar). Dari kolaborasi Artis dan produsen gitar, berikut adalah  merekan Gitar yang paling banyak dipakai gitaris dunia.
1. Gibson 
 

SLASH Gibson Les Paul
Gibson Guitar, pabrik gitar yang gak asing dan salah satu leader dari teknologi music terus melindungi kekayaan hak intelektualnya dan memberikan perlindungan konsumen melawan berkembangnya pemalsuan barang yang dikapalkan dari dan dijual oleh toko maupun individual di China.
Gibson dikenal dunia dengan memproduksi model model klasik dalam setiap gaya dari instrument berdawai ini. Gitar digitalnya Gibson mewakili kemajuan terbesar dalam desain gitar elektrik setelah lebih dari 70 tahun….wahh!.

Didirikan tahun 1894 di Kalamazoo, Michigan, dan bermarkas di Nashville, Tenn sejak 1984. Keluarga Gibson Guitar termasuk merk Epiphone, Dobro, Valley Art, Kramer, Steinberger, Oberheim, Tobias, Singerland, Maestro, Take Anywhere Technonolgy, Echoplex, Electar Flatiron, dan banyak lagi.

Yngwie Fender Stratocaster-
2.Fender
Sejak 1987, Fender Custom Shop telah menjadi “dream factory”, Bikin gitar buat dimainkan sama halnya Ferrari buat dikebut. Tukang yang ahli di pabrik Fender, Corona, membuat Custom Shop-nya ngetop banget di planet bumi dalam hal keahlian dan keterampilan seninya dalam membuat gitar dari kelas bagus sampai fantastis. Apakah cuman modif atau bikin kastem baru, pokoknya the best lah..
Fender custom Shop instrument telah berkarya dengan masukan-masukan gitaris dunia, seperti Eric Clapton, Yngwie Malmsteen, Jeff Beck, Sambora, dan banyak lainnya lagi..(ntar habis buat nulis nama doang.)
“Anda bisa punya gitar di pabrik gitar di mana gitarnnya Eric Clapton juga dibikin, oleh orang yang sama pula” kata Mike Eldred, DOSM-nya Fender Custom Shop. “Nggak ada yang melakukan seperti yang kami lakukan”. 



 3. Ibanez


 
Steve Vai ibanez jam 7v





















Sejarah singkat dari perjalanan panjang sebuah perusahaan.
Di tahun 1908, ketika sebuah perusahaan bernama Hoshino memulai sebagai toko lembaran musik dan kemudian distributor produk produk musik di Nagoya, Jepang.
Di pertengahan tahun 80-an dari ketertarikannya pada instumen gitar rock yang baru muncul, Ibanez berkolaborasi dengan para gitaris seperti Steve Vai, Joe Satriani, dan paul gilbert dan memproklamirkan model JEM, JS, RG, dan model S. Kini, versi saat ini model model ini masih jadi perhitungan pada kancah instrumen gitar music rock dunia.

Gitar Ibanez , selain terkenal untuk musisi rock, juga sama ngetopnya dengan gitar jazz-nya Ibanez terbukti dari kastem untuk George Benson, dua model Pat metheny dan banyak lagi, juga semi akustik yang baru, John Scofield Signature Ibanez.
Satu catatan terakhir, Ibanez juga salah satu top seller dunia untuk gitar bass….


 4. B.C gitar
Micthompson Slipknot

Perusahaan gitar B.C Rich terus menerus mengembangkan dan menghadirkan gitar-gitar dengan performa tinggi jugas gitar bas yang sangat menarik. Dari gitar kastem handmade sampai seri gitar standard import, B.C Rich memiliki gitar yang tepat dengan harga yang pas untuk setiap gitaris. Apakah lewat bentuk, fitur atau pun performa – tidak ada suara gitar yang lebih heavy metal dari B.C Rich.  


 Dari The Beast yang kasar, Mockingbird yang keji, dan Warlock sampai model Bich yang legendaris, gitar elektrik B.C Rich telah meraih reputasi rock padat pada panggung panggung konser di seantero dunia. Itulah mengapa gitaris handal memilih gitar B.C Rich sebagai senjata andalan mereka. Tak ada gitar lain yang bisa merampas perhatian seperti B.C Rich.

Kalau anda mau gitar dengan tone yang garang, enak dimainkan dan tampang serem, anda pasti butuh B.C Rich.



5. 
Jacson Guitar
Perusahaan gitar Jackson secara resmi berdiri tahun 1978. Awalnya disebut Charvel Guitar Repair, Wayne Charvel menjualnya kepada Grover Jackson, partnernya, mitra perusahaanya. Dengan kepemilikan sendiri, Jackson tidak tertarik mempertahankan nama lama. Lalu lahirlah Jackson Guitars






Mark mortoon Lamb Of god
Dari tahun 1979 sampai 1986 perusahaan berlokasi di San Dimas, California. Mereka membuat gitar di lokasi ini sampai merusahaan bergabung dengan IMC, atau International Music Corporation. Kini, Fender memegang hak atas label Charvel dan pabrikan gitar yang sama dengan model awal yang dibuat di lokasi San Dimas.

Jackson Guitars atau mungkin yang paling dikenal dengan gitar Rhoads-V yang mereka buat dengan mendiang Rhandy Rhoads, mantan gitaris Quiet Riot dan kemudian Ozzie Osborne. Randy Rhoads memiliki penggemar setia sehingga gitar ini cukup banyak diburu.

Hal lainnya, Jackson juga terkenal dengan gaya guitar yang menarik bagi artist heavy metal dan thrash metal. Secara umum desain gitarnya manis dan anggun hanya beberapa model saja yang didesain garang dengan tampang hard metal.
Jackson Dominion dari Mark Morton(Lamb of God)

Secara umum, gitar Jackson mirip dengan Gibson Explorer. Kenyataannya, kemiripannya begitu banyak yang menyebabkan Gibson menuntut mereka secara terus menerus mengenai pelanggaran atas hak cipta dari model ini. Mereka juga menghadapi tuntutan hukum dari Fender. Jackson terhindar dari gugatan dan desain gitarnya berubah. Kini Fender memegang hak cipta, bahwa desain dan produksi gitarnya mengacu pada model model Charvel sebelumnya.

Jackson memiliki beberapa gitar model khusus. Sebagaimana disebutkan di awal tadi, model Randy Rhoads didesain dari kerjasama dengan Rhoads dan memiliki bodi yang tidak simetris. Model lain termasuk, The Warrior, The Kelly (serupa dengan Gibson Explorer, tetapi sedikit lebih ramping), the King V, dan the Kelly Star.
Artis yang memainkan Jackson diantaranya Phil Collen (Def Leppard), Mark Morton (Lamb of God), Kirk Hammet (metallica), dan Derek Green dan Adreas Kisser (Sepultura). Mantan pemain seperti (tentu saja) Randy Rhoads, mendiang Robin Crosby (Ratt), dan Vinnie Vincent (KISS).

Biografi Balawan

Nah sang pemuda asal bali  yang Mengharum Kan sang saka Merah Putih ini adalah Gitaris Solo Jazz 8 finnger Tapping satu-satunya di indonesia..yang cukup exist di  international nah sekarang Gitaroku  ngasih sedikit biografi tentang I WAYAN BALAWAN
langsung aja......ssssppppppttttt......!!!
I Wayan Balawan (lahir 9 September 1973 di Gianyar, Bali) adalah pemusik Jazz Indonesia. Balawan adalah seorang gitaris Jazz yang nama mencuat dan semakin difavoritkan di Indonesia. Balawan membentuk Batuan Ethnic Fusion yang mengusung eksplorasi musik tradisional Bali.
Di kesehariannya, anak-anak di Bali umumnya terekspos upacara agama Hindu, dimana doa-doa, aroma bakaran dupa, gamelan Bali dan umat yang apresiatif menyatu. Ini membawa konsekuensi logis: apresiasi terhadap seni dan musik tumbuh di masa kanak-kanak. I Wayan Balawan tak luput dari konsekuensi lingkungan ini di masa kecilnya, dan itulah yang membentuk kejeniusannya bermusik.

Sinkretisme Musik, Teknik Tapping dan Kecepatan. Setelah menyaksikan konser Balawan dua hari di University Cultural Center - NUS, saya menemukan perkawinan antara gamelan Bali dengan jazz. Perkawinan itu diusung oleh Balawan dan Batuan Ethnic Fusion. Balawan adalah musisi muda yang berbakat dan memiliki motif mulia: dia mencoba menggabungkan gamelan Bali dengan jazz, yang saya rasa, itu hanya akan dilakukan oleh musisi yang sudah matang. Proses menggabungkan jazz dengan gamelan Bali bisa dimaknai sebagai sinkretisme dalam musik. Gamelan adalah pentatonik sedangkan jazz adalah diatonik. Jazz bisa dimainkan dengan tempo lambat ataupun cepat, sedangkan gamelan Bali umumnya cepat. Hal pertama yang harus dilakukan untuk memasukkan jazz dalam gamelan Bali adalah dengan menyamakan tempo. Hal kedua adalah memasukkan nada-nada jazz dalam gamelan, dan sebaliknya.

single_03.jpg

Balawan memainkan gitar double-neck 12 senar dengan teknik tapping

Balawan memainkan gitar elektrik dengan teknik right-handed tapping (teknik ini dipopulerkan oleh Eddy van Halen tahun 70an) dimana dia menekan senar gitar antar dua fret dengan empat jari (tangan kanan) seperti memainkan piano, dan empat jari dari tangan kiri memainkan bass dan chords. Kelincahan jemarinya sungguh tinggi, namun kehalusan melodi gitar tetap dipertahankan. Balawan juga dikenal sebagai gitaris Asia pertama yang mampu memainkan tapping delapan jari pada double-neck guitar secara bersamaan.

Siapakah Balawan? Balawan, gitaris jazz muda yang tengah naik daun, lahir di Gianyar, Bali, 9 September 1973. Ketika kecil Balawan belajar memainkan organ Bali dimana kecepatan dan harmoni pentatonik menjadi esensi permainan. Balawan mendapatkan beasiswa untuk belajar musik jazz dan vokal di Australian Institute of Music, SidneyJoe Satriani dan Eddy van Halen. Sekembalinya dari Australia, Balawan membentuk sebuah kelompok musik untuk mengakomodasi musik jazz dan gamelan Bali. Kelompok ini bernama Batuan Ethnic Fusion (BEF). Kelompok ini beranggotakan Balawan, Wayan Suastika, Wayan Sudarsana, Nyoman Marcono, Nyoman Suwidha, Gusti Agung Bagus Mantra, Gusti Agung Ayu Risna Dewi dan Ito Kurdhi. BEF memainkan instrumen tradisional seperti reong, suling, rindik, genggong, kendang and cengceng. (1993 - 1995). Balawan terinspirasi oleh banyak musisi, terutama

Balawan dan BEF merilis tiga album: “GloBALIsm” (1999), diproduksi Dewa Budjana; “Balawan” (2001), direkam di Jerman; “Magic Fingers” (2005).

Matematikawan, Atlit dan Artis. Untuk menjadi musisi yang terkemuka seseorang mesti menjadi “matematikawan”, atlit dan artis. Balawan memiliki tiga hal itu. Ketika memainkan gitar, akurasi dalam menyentuh senar di antara dua fret bisa menghasilkan aliran yang jernih, halus dan bersih. Akurasi adalah syarat yang esensial dalam mengerjakan matematika. Untuk menguasai teknik tapping, yang umumnya sulit, Balawan melatih dirinya siang-malam untuk menghasilkan tapping kecepatan tinggi dan suara yang diinginkan. Usaha ini memerlukan energi luar biasa seperti halnya atlit. Balawan memulai debutnya dengan melebur jazz dan gamelan Bali. Proses memperluas musik dan menggabungkannya dengan musik etnik tidaklah mudah. Hal ini memerlukan jiwa artis dengan kreativitas tinggi untuk menciptakan musik agar jazz dan gamelan Bali tetap hidup.

Makan-Makan di Tepi Sungai. Saya melihat permainan Balawan pertama kali pada 10 dan 12 Maret 2006 di Singapura, meski sebelumnya saya sering mendengar namanya ketika dia manggung di JGTC (Jazz Goes To Campus, Universitas Indonesia). Sungguh menghibur sekaligus mengagumkan. Aransemen musik yang bagus, harmonisasi yang sangat etnikal, kompleks tapi enak untuk dinikmati! Dan, permainan tapping yang sangat cepat! Setelah konser kecil di UCC itu, saya, istri saya, Balawan, Momoko Fusa (pianis klasik dari Jepang), Ony Pah (drum), Dody (bass) dan Batuan Ethnic Fusion makan-makan di tepi Singapore River, tepatnya di Clarke Quay.

“Bagaimanapun baiknya saya bermain jazz, saya tak akan pernah cukup ‘hitam’ untuk memainkannya. Jadi, daripada bersusah payah memainkan otentisitas jazz yang tak akan pernah saya capai, saya memutuskan memainkan musik dimana saya feel at home”, ujar Balawan pada saat merilis Magic Finger.

lebih lanjut: www.wayanbalawan.com

Rabu, 17 Agustus 2011

Tips Memilih Gutar



Electric Guitar

Mau beli gitar elektrik? Begitu banyak pilihan merk gitar listik mulai merk terkenal seperti Ibanez, Fender, Gibson, ESP, dll sampai merk lokal sperti Cort, Marlique, Fusion guitars,Rockwel Princs dsb. Ditambah lagi banyaknya model & pilihan sering membuat kita bingung memilihnya. Beberapa pertimbangan dibawah ini akan membantu anda memilih gitar secara bijak
Nah sekarang Gitaroku mau ngasih sedikit tips Buat memilih gitar cocok buat Anda
Tips Sebelum Membeli Gitar Elektrik
- ‘Jangan sekali-kali terkecoh oleh merk terkenal’, sekarang banyak gitar merk kurang terkenal kualitasnya setara merk terkenal dengan harga cuma 2/3 bahkan 1/4 dari merk terkenal.
- ‘ model ini dipakai oleh artis top’, di dunia marketing bukan rahasia lagi bilamana artis top di ‘endorsee’ atau di kontrak dengan bayaran tertentu untuk tujuan Promosi, wajar saja kalau yang berani bayar mahal dia cenderung menang.
-  ‘made in mana?  japan, usa, korea, indo? ‘, hmm ini sebenarnya rahasia perusahaan yang sudah banyak diketahui orang, contohnya kalau gitar Ibanez yang katanya Made In Japan ternyata produksi Indonesia 90% dan di Finishing10% nya di Japan. Gibson yang katanya Made In USA dengan body kayu Solid Mahogany atau Ebony ternyata diproduksi di Indonesia, betapa kita sering terkecoh hal-hal semacam ini.
- Yaang terpenting ‘Sesuaikan dengan Budget / Anggaran kantong Anda’ baru menentukan tipe & model gitar.
- ‘Suara Gitar tidak pernah berbohong… mainkanlah dan dengarkanlah.., namanya aja Gitar, yang dinikmati & didengar pasti suaranya kan..  Buat apa punya gitar merk Terkenal nan Mahal tapi cuma jadi pajangan dan menimbulkan Kepuasan & kebanggaan Psikologis saja.
- Kualitas kayu & spare part.
Tips memilih / membeli gitar listrik yang cocok dengan kebutuhan Anda:
1. Pilihlah badan / body gitar listrik yang sesuai dengan suara yang ingin kamu hasilkan.
- Solid Body : Jika kamu ingin gitar yang oke dalam segi Sustain, penggunaan efek gitar, atau tingkat amplifikasi yang keras, maka yang kamu butuhkan adalah gitar dengan badan yang solid (keras ).
- Kalau kamu ingin gitar yang menghasilkan akustik yang bagus dengan tingkat amplifikasi yang tinggi, maka kamu memerlukan gitar dengan badan yang semi hollow (agak hampa). Dan apabila kamu ingin electric guitar yang mengasilkan “jazzy” sound atau bergaya jazz, maka kamu membutuhkan badan gitar yang hollow ( hampa / kopong, kosong ) seperti gitar dibawah ini.


Electric Guitar

2. Konstruksi gitar :
- Bold On :
- Set Neck :
- Neckthru :
3. Sesuaikan guitar’s neck/ leher gitar dengan tangan / genggaman tangan kamu. Carilah gitar listrik yang bagian lehernya nyaman untuk dipegang dan tidak menimbulkan rasa pegal di pergelangan tangan.
4. Perhatikan jarak antara fretboard dengan string ( tali gitar ). Apabila kamu ingin gitar listrik yang mampu mencapai tangga nada yang tinggi, maka kamu harus memilih gitar listrik yang memiliki jarak antara fretboard dengan tali gitar agak jauh. Semakin jauh jarak antara fret dengan tali gitar maka semakin tinggi nada dan pitch yang dapat dicapai gitar tersebut.
5. Pemilihan jumlah fret juga penting apabila kamu sering main di oktaf tinggi. Bila kamu sering memainkan oktaf tinggi pada saat melody, maka kamu membutuhkan gitar dengan fret 24. Apabila kamu hanya memainkan rhythm guitar, maka kamu hanya memerlukan gitar dengan fret 22.
6. Pickup sangat penting dalam artikulasi suara yang dihasilkan. Biasanya gitar listrik memiliki 2 pickup dimana pickup pertama ( dekat dengan neck ), menghasilkan suara yang lebih tebal. Sedangkan pickup kedua ( yang dekat bridge ) lebih cenderung kearah treble. Pemilihan 5 way selector switch akan membantu kamu dalam merubah suara yang dihasilkan ( dicampur antara suara yang tebal dengan suara yang treble )
7. Jenis Bridge juga memainkan peranan penting dalam suara yang ingin kamu hasilkan. Ada 2 jenis bridge yang sering kamu temukan pada gitar-gitar listrik ; yang pertama adalah Tremolo Bridge ( whammy bar). Disini kamu bisa melakukan bending pada semua tali gitar bersamaan ( cocok untuk musik rock / metal ) tapi dapat berefek pada tali gitar yang keluar dari nada / fals ( out of tune). Jenis bridge kedua adalah Stoptail bridge dimana kamu akan merasa aman dengan setiap tune yang kamu mainkan karena nada yang kamu inginkan tidak akan keluar dari jalur. Dengan jenis bridge terakhir ini kamu bisa menghasilkan suara yang lebih sustain.
8. Pemilihan wood / kayu yang dipakai untuk gitar listrik juga penting, karena tiap kayu menghasilkan jenis suara yang berbeda-beda dan berat yang juga bervariasi. Kayu yang mahal belum tentu menghasilkan suara yang maksimal / bagus. Semuanya tergantung kenyamanan pada saat kamu memainkan gitar tersebut.
9. Intonasi dari gitar tersebut akan menunjukkan kualitas dari gitar itu sendiri. coba saja periksa nada yang dapat dicapai oleh gitar tersebut dan perhatikan suaranya ; apakah keluar dari nada atau tidak. Apabila nada yang dicapai tidak sesuai dengan nada yang seharusnya ( nada tersebut mati / keluar ( out of tune ), maka gitar tersebut tidak direkomendasikan untuk dipakai dalam suatu rekaman atau performance.

Moga Bermanfaat ......!!!
Trik dasar belajar Gitar Melodi

Trik dasar belajar gitar melodi gampang aja. gak se susah menjadi konsultan SEO, Pelajari aja dulu scale-scale mayor dan minor, pelajari dan latih jari agar bisa bermain lebih cepat dan bersih. Setelah itu sering-sering denger album instrument, di youtube banyak tuh. Gratis lagi, untuk langkah awal pilih lagu-laguyang agak slow, sekedar untuk melenturkan dan melatih kecepatan jari. Biar gak frustasi dalam belajar gitar melodi, kamu boleh tidak terpaku dengan satu trik saja. Bisa juga mendengar agu-lagu yang kamu suka, dan mainkan melody nya dengan feeling. Istilah umumnya memainkan melodi dengan perasaan

Jangan Lupa juga mencoba bermain atau meng eksplore achord mayor dan minor. Nah dari situ pelan-pelan kenalin karakter mayor dan minor, lalu improve aja nadanya, gak usah takut salah, salah gak masalah.. kan gak dinilai, malah lama –lama kita mengerti dimana letak jari dan notyang salah, dan biasanya kita semakin lama akan semakin mengerti bagaimana mengasah kemampuan bermain gitar melodi, baik dengan perasaan maupun trik-trik yang ada.

Teknik Dasar menyetem/menyetel senar gitar::..

Putar tuner(penala) senar gitar perlahan, petiklah beberapa kali(dengan tangan satunya), bandingkan dengan senar lain hingga sama nadanya, dengan ketentuan seperti berikut:
Nada Senar no 1(E) los senar = Nada senar no 2(B) fret ke 5 (petik senar kedua dengan jari tangan satunya menekan senar no 2 pada fret ke 5)
Nada Senar no 2(B) los senar = Nada senar no 3 fret ke 4 (petik senar ketiga dengan jari tangan satunya menekan senar no 3 pada fret ke 4)
Nada Senar no 3(G) los senar = Nada senar no 4 fret ke 5 (petik senar keempat dengan jari tangan satunya menekan senar no 4 pada fret ke 5)
Nada Senar no 4(D) los senar = Nada senar no 5 fret ke 5 (petik senar kelima dengan jari tangan satunya menekan senar no 5 pada fret ke 5)
Nada Senar no 5(A) los senar = Nada senar no 6 fret ke 5 (petik senar keenam dengan jari tangan satunya menekan senar no 6 pada fret ke 5)
Los senar adalah senar gitar hanya dipetik saja, tanpa jari kita menekan pada fretboard Untuk aturan frekuensi nada musik baik vokal maupun instrument musik sebenarnya sudah mengikuti standar yang berlaku secara internasional Adapun nada yang dijadikan standar internasional adalah nada A dengan frekuensi 440Hz(hertz), sehingga alat musik modern(tradisional seperti gamelan misalnya tidak mengikuti standar tsb) dimanapun di dunia akan mengikuti standar tersebut. Nah pertanyaannya adalah: bagaimana kita tahu kalo nada A pada gitar ketika sudah kita stem = 440Hz? . Kita perlu menggunakan alat ukur nada yang standar, yaitu: bisa menggunakan sebuah garpu tala (bisa dibeli di toko musik), cara memakainya cukup pukulkan garpu tala ke obyek tertentu(meja misalnya) maka akan berbunyi sesuai dengan nada tertentu, tiap garpu tala punya nada tertentu, biasanya C atau A(bawaan pabrik) dengan menggunakan digital guitar tuner (bisa dibeli di toko musik juga), cara memakainya, biasanya ada semacam buku panduan yang disertakan ketika kita membelinya. menggunakan alat musik lain sebagai perbandingan, bisa dengan piano/keyboard misalnya. Sebagai contoh, misalnya dengan piano, atau dengan software tuner pada komputer, seperti guitarpro yang sudah menyertakan digital guitar tuner dan beberapa efek gitar elektrik didalamnya






Memilih dan membeli metronom (metronome)::..





Untuk melatih tempo dan kecepatan bermain musik bisa memakai alat yang dinamakan metronom. Metronom adalah alat yang berdetak dengan tempo teratur.
Macam-macam metronom:
1. Analog(Mekanis): cara kerjanya mirip dengan jam tangan mekanis, menggunakan batang pendulum
2. Digital(Elektronis): bekerja secara elektronis, termasuk metronom software komputer juga saya golongkan dalam hal ini, menggunakan tenaga baterei, quartz crystal dsb. Alat musik keyboard kadang juga sudah menyertakan metronom juga didalamnya.
Bagaimana cara kita memilih dan membeli metronom?
1. Harga: sesuaikan saja dengan kemampuan kita, setelah saya bandingkan, ternyata harga metronom digital malah lebih murah daripada yang mekanis
2. Kemampuan kerja: untuk metronom mekanis, mungkin lebih ribet kalo pas rusak, setidaknya kita harus ke tukang jam untuk memperbaikinya :). Kalo saya lebih suka yang digital. Pilih metronom digital yang sekaligus juga dengan tuner, jadi bisa dipakai untuk menyetem gitar juga.
3. Untuk metronom digital, pilih yang batereinya bisa di recharge ulang, kalo bisa. Kalau tidak, ya pilih yang paling kuat lama batereinya, biar anda ga berkali-kali beli baterei, he he he.
Untuk menggunakan metronom, mungkin akan saya bahas secara terpisah saja, soalnya kaitannya dengan tempo. Termasuk bagaimana cara kita melatih kecepatan jari kita dalam bermain gitar, mungkin saya bukan sekaliber Yngwie Malmsteen atau Michelangelo Batio yang bisa bermain dalam 160 b.p.m (beat per minute / ketukan per menit) atau lebih dalam kecepatan tangan mereka, he he he.









Mengenal tangga nada pentatonik/pentatonis (pentatonic scale):::..




Pentatonik berasal dari kata penta(5) dan tonic(nada). Pentatonic dibentuk dengan mengurangkan nada ke 4 dan ke 7 dari struktur oktaf 8 nada. Bila kita ambil C sebagai nada dasarnya, maka notnya akan menjadi C,D,E,G,A

Pentatonik banyak digunakan untuk musik modern maupun tradisional di berbagai negara di dunia ini. Dari Indonesia, tanah air kita sendiri: gamelan jawa misalnya, mempunyai tangga nada pentatonik, misalnya laras(tangga nada) slendro, polanya: 12356 disebut dengan ji, ro, lu, mo, nem berulang tiap lima nada, naik atau turun.
Seperti pada tangga nada diatonis, pentatonis diklasifikasi dengan mayor dan minor juga

Mengenal tangga nada diatonis -- intermediate
Tangga nada diatonis merupakan suatu hal fundamental dalam western music, mulai dari musik klasik hingga heavy metal memakai tangga nada diatonis.
Tangga nada diatonis didefinisikan sebagai 7 buah not yang terdiri dari 5 buah not berjarak penuh (whole step) dan 2 buah not berjarak setengah (half step/semitone)

Bila
W: Whole Step (jarak penuh)
H: Half Step (jarak setengah)
Maka pola tangga nada diatonis menjadi:
W-W-H-W-W-W-H
bila ditulis dengan solmisasi: do-re-mi-fa-sol-la-si-do
dengan C sebagai tonic (nada dasar C=1) dan ditulis dengan not huruf, maka pola diatonis C mayor menjadi
C D E F G A B C
Pola ini berulang di tiap oktaf(deretan 8 buah not)

Tangga nada diatonis diklasifikasi pada mayor dan minor
Piano adalah contoh alat musik yang menerapkan tangga nada diatonis. Pada Gitar, tangga nada diatonis tidak mudah dilihat seperti pada piano. Ini hanya bahasan sekilas masalah tangga nada diatonis






Tentang Tablature::..


Penasaran ingin menjadi gitaris? he he he, belajar tablature dulu. Tablature adalah bentuk penulisan notasi musik yang menerangkan posisi jari kepada pemain instrumen musik tertentu (biasanya gitar meski engga mesti harus gitar) untuk menghasilkan nada. Aku belajar tablature waktu masih di SMA. Awalnya benar-benar pusing, karena internet belum seperti sekarang ini. Mencari solo gitar gitaris top, bener-bener perkara yang susah. Harus beli majalah gitar yang notabene sangat susah waktu aku dulu, he he he. Sekarang banyak gitaris yang membagi ilmunya seperti di web langgananku http://www.911tabs.com yang disitu kita bisa milih format guitarpro, powertabs, bass tabs, dan seterusnya. Ternyata banyak gitaris-gitaris top yang membagi ilmunya disana.. mungkin anda atau saya termasuk salah satunya... he he he.

Cara membaca tablature / tabs dan beberapa istilah teknis tablature gitar
Kita sampai pembahasan bagian "mengerikan" dalam teknik gitar yaitu tentang tab atau istilah formalnya adalah tablature. Tablature sebenarnya tidak melulu pada gitar saja, tapi bisa juga dipakai untuk alat musik lainnya seperti bass, banjo, mandolin, drum dst. Disini saya akan membatasi pada tablature gitar saja, dengan penjelasan yang mudah dimengerti(semoga... he he he). Mungkin dengan sekali penjelasan saya, anda akan langsung paham, tetapi prakteknya sangat rumit dan kompleks.... he he he. Mulai dari pengertian tablature dulu, kemudian baru menginjak istilah teknis tablature yang kompleks.
Definisi tablature: enam garis yang menggambarkan guitar fingerboard, garis teratas menunjukkan senar yang bernada paling tinggi (high E / E tinggi / senar no 1 -- standard tuning).
Gambar tab 1
Gambar tab 1 menunjukkan:
• senar no 5(A-standard tuning) fret 3
• senar no1 dan no2 fret 15, dimainkan bersamaan
• chord E mayor pada gitar
Istilah teknis gitar yang dideskripsikan pada tablature
Sebenarnya lebih mudah pake video, tapi saya ga punya kamera yang cukup representatif untuk menerangkan istilah-istilah ini, dan agak susah menerangkan dalam bahasa Indonesia(bukan karena terlalu lama tinggal di negara sono, tapi nilai rapotku jelek kyknya.... he he he ), kalo ada yang kurang jelas, boleh ditanyakan lagi.
1. hammer on : petik not awal(pertama) / not lebih rendah dengan cara picking(memetik dengan pick) lalu bunyikan not lebih tinggi dengan jari lain dengan tanpa picking lagi
2. pull off : tempatkan jari bersamaan pada not-not yang akan dibunyikan. Petik not awal, tarik jari pertama anda(yang memetik not awal) untuk membunyikan not berikutnya
3. slide : petik not awal, geser jari pada not berikutnya (lebih rendah atau tinggi). Ada dua slide disini, pertama: tanpa memetik not berikutnya (sekali petik 2 not), kedua: dengan memetik not berikutnya (dua petik, 2 not)
4. pick slide : bunyikan not dengan memakai sisi pick, sehingga muncul suara gerit/seret(scratch)
5. tapping : dengan ujung jari telunjuk atau tengah ketuklah not yang ingin dibunyikan pada fretboard
6. trill : selang-seling dengan cepat antara not awal dan kedua memakai hammer on dan pull off
7. bend : tekan kuat jari kiri pada fretboard kemudian naikkan jari anda hingga nada yang dihasilkan menjadi naik
8. bend and release : petik, bending hingga nadanya naik 1/2 atau 1, kemudian balik lagi ke nada awalnya
9. pre bend : bending dulu hingga nadanya naik 1/2 atau 1, baru dipetik
10. pre bend and release : bending dulu hingga nadanya naik 1/2 atau 1, petik, bending lagi hingga bunyinya balik ke not awal
11. unison bend : bending dua buah not bersamaan
12. vibrato : efek getar, dengan bending, getarkan senar dengan bending naik turun secara cepat, bisa dengan tangan kiri atau memakai tremolo/whammy bar
13. wide atau exaggerated vibrato : bending naik turun lebih kuat lagi dari vibrato biasa
14. natural harmonic : bunyikan not dengan menyentil(menyentuh ringan) dengan jari kiri hingga berbunyi seperti lonceng "ting"
15. artificial harmonic : bunyikan not dengan seperti biasa, cuman pada picking tangan kanan iringi dengan sisi jempol, atau pucuk jari telunjuk, dengan volume atau tingkat efek distorsi tinggi akan menghasilkan bunyi decit harmonic
16. tremolo bar : memakai tremolo/whammy bar, turunkan not pada tablature sejauh yang ditunjukkan, lalu balikkan lagi ke not awalnya
17. palm muting : diamkan not yang bersuara dengan telapak tangan kanan(bagi left handed guitarist)/kiri(bagi right handed guitarist)
18. muffled strings : letakkan jari dengan tanpa menekan terlalu kuat pada fretboard sehingga menghasilkan sound percussive
19. ada beberapa istilah lain seperti rhythm slashes dst, tak terangkan sambil jalan

Satu tips menambah kecerdasan dalam membaca not balok

Perhatikan tangga nada C mayor diatas: Bila kita baca dari kiri ke kanan terbaca sebagai: C D E F G A B C', tapi bagaimana kalo kita balik menjadi seperti ini (dengan menganggap kunci G dan tanda birama 4/4-nya tidak ada)?
Maka notnya akan terbaca menjadi: A B C D E F G A', :) asik bukan? he he he, cobalah dengan not-not yang lebih rumit dengan membacanya secara terbalik, dijamin pemahaman anda akan not balok akan menjadi lebih baik....
ketika sudah mulai paham, bisa mencoba beberapa tips yg saya berikan disini, untuk lebih mempercepat pemahaman:
-pelajari ketukan/ritme yg sederhana dulu, misal: tek-tek-tek-tek, tek-tek-tek-diam, tek-tek-diam-diam, dst. Atau ambil suatu lagu, ikuti suara snare drumnya: dalam hati, ucapkan, atau pake pulpen, kaki dst, hingga di otak kyk ada gambaran... langkah ketukan berikutnya dg tepat
-kenali simbol2/tanda2-nya: garis paranada, tanda kunci, birama, diam, harga not, tempo lambat/cepat, durasi not, ulang, natural, aksen, nada dasar dst. Not balok seperti huruf-huruf biasa itu, hanya saja artinya simbol-simbol suara/nada
-sedikit pelajari pembagian karena ada not 1, 1/2, 1/4, 1/8, 1/16, 6/8 dst.
-kenali posisinya pada garis paranada(staff)-- 5 garis nih, misal C major mulai dari garis paling bawah, cara ngingatnya: 1. not yg ada di garis, 2. not yg ada diantara garis. Not yg ada di garis adalah: E-G-B-D-F, sementara not yg diantara garis: F-A-C-E, mudah ngingatnya pake kata2: Every Good Boy Does Fine(utk not yg terletak di garis) dan FACE(utk not yg terletak diantara garis)
-seperti membaca huruf biasa, selain membaca, coba tulis juga, dg menulis akan lebih mudah ingat
-untuk not2 yg terlalu tinggi/rendah diluar garis paranada memang agak sulit, karena kita musti bisa memperkirakan posisinya, ada tambah, kurang atau pembagian saja matematikanya :), atau sedikit hapalan, mudah2an ga rumit2 bgt.. :)
-baca2 buku musik atau materi ttg not balok di internet, pilih yg ada suaranya, sehingga kita benar2 paham, kebanyakan buku tentang not balok cuman tulisan saja, tanpa suara, makanya agak susah dipahami
-tentang tanda kres(#) dan mol(b) mayor, kalo susah hapalin aja :), bila ada tanda yg lebih banyak, balik lagi ke awal:
kres
1#, G = 1
2#, D = 1
3#, A = 1
4#, E = 1
5#, B = 1
6#, F# = 1
mol
1b, F = 1
2b, Bb = 1
3b, Eb = 1
4b, Ab = 1
5b, Db = 1
6b, Gb = 1

-akan lebih susah kalo sudah mulai praktek pake alat musik, karena posisi not tiap alat musik bisa beda ketika dituliskan pada garis paranada, tapi bisa dipelajari, dengan sabar dan tekun :)






Tips mencari chord / akkord suatu lagu::..

Gimana sih cara mencari kunci suatu lagu? :), lagu ini kuncinya apa saja yach?, kunciku tak taruh mana yah(weks apa hubungannya????) he he he….
Bagi teman-teman pemula bermain gitar, bila kita mendengar suatu lagu, terbetik untuk memainkan lagu itu dengan gitar/alat musik sendiri, ketika kita mau mencari sendiri menjadi hal susah, karena banyak nada bersliweran di kepala kita, apalagi misalnya ada bunyi drum, bass, keyboard dst. Sehingga bagi yang pengen mudah ya beli aja buku lagu yang dijual di pinggir jalan/toko buku :), ga salah sih kalo yang pengen kayak gitu… bebas aja.
Persoalan untuk mencari sendiri chord suatu lagu adalah hal susah. Ini adalah persoalan yang melanda kita semua(termasuk saya), bahkan seorang musisi professional pun tidak serta merta langsung bisa mendapat detil suatu chord lagu dengan mudah, kenapa demikian?, karena pada dasarnya sebuah lagu adalah sebuah karya seni yang tersusun dari unsur-unsur nada yang menentukan kualitas seni musik(baik tradisional/modern) seorang musisi. Semakin tinggi tingkat kualitasnya(tingginya kualitas tidak melulu didasarkan pada laris/tidak-nya suatu lagu :) ada bahasan panjang masalah ini), maka akan semakin susah dicari nada-nada-nya contohnya : coba kita cari nada-nada yang dihasilkan oleh gitaris Steve Vai secara detil misalnya, ya tentu saja sangat susah. Meskipun demikian, ada beberapa hal umum yang bisa kita jadikan pedoman untuk mencari chord suatu lagu dengan gitar, asumsi saya, anda sudah mulai bisa sedikit-sedikit bermain gitar, kenal beberapa chord, dan bisa menstem gitar dengan baik(bila anda bisa menstem gitar dengan baik secara tidak sengaja anda sudah berada dalam wilayah kepekaan terhadap nada, dalam hal ini ada yang menyebut dengan istilah feeling nada):
a. Stem gitar anda dengan standar, karena kebanyakan lagu dimainkan dengan gitar standar, ada beberapa pengecualian tuning.
b. Dengarkan baik-baik, ulangi lagi sampai benar-benar paham, bedakan antara suara gitar dengan alat musik lain
c. Bagilah per bagian; dari intro, lirik(verse), chorus, bridge(bukan bridge gitar, bridge bagian lagu, bila ada), interlude/solo, Outtro, bila perlu, pecah lagi bagian-bagian itu menjadi lebih kecil lagi
d. Mulailah dengan bagian yang termudah dulu
e. Mulailah dengan tempo yang lambat, baru kemudian dipercepat, bila perlu gunakan metronome untuk membantu memperoleh tempo yang diinginkan
f. Bila perlu, rekam permainan anda, untuk melihat kemajuannya.
g. Satu hal terpenting lainnya adalah jangan memaksakan diri untuk sama persis seperti musisi aslinya, kecuali anda sudah benar-benar expert, karena kalau kita memaksakan diri rasanya seperti dihantui rasa penasaran terus menerus, yang membuat kita tidak pernah puas. Kita mau memaksakan diri seperti Yngwie misalnya, ya jelas beda lah, terlalu jauh sobat… dia kan musisi tingkat dunia, bukan persoalan mudah menjadi musisi tingkat dunia, banyak syarat yang harus dipenuhi untuk itu, bukan cuma masalah skill saja, ada banyak faktor, satu diantaranya adalah nasib :), percaya atau tidak/ silakan buktikan sendiri :p, he he he…:) )
Itulah sedikit tips untuk mencari chord lagu, sebagian yang saya tulis adalah pengalaman sendiri


menaikkan kecepatan dan ketepatan(speed and accuracy)::..

1. pahami konsep not dan durasinya: misal not penuh(whole notes/1), 1/2, 1/8, 1/16 dst.
2. pahami posisi not pada fret gitar untuk melatih akurasi
3. pakai pola fingering: pake pola 1-2-3-4, 1-3-2-4, 1-4-3-2, 1-4-2-3, dst(ket: 1: telunjuk, 2: tengah, 3:manis, 4:kelingking), jalankan di semua fret, mainkan satu scale tertentu juga misalnya C mayor, sambil melatih pemahaman masalah scale
4. gunakan teknik tangan kiri seperti pull offs, hammer ons dan tapping. Teknik pull off dan hammer on memungkinkan untuk memainkan beberapa not dalam sekali petik/pick, juga dipakai ketika bermain legato, tapping digunakan bila jarak antar not-nya jauh
5. gunakan teknik tangan kanan(alternate picking, economy picking, sweep picking, string skipping). Sweep picking memudahkan untuk memainkan not pada perpindahan string ketika bermain arpeggios
6. gunakan jarak terdekat untuk memainkan pattern(pola) not yg sama, karena biasanya ada satu pattern yg bisa dimaenkan dengan berbagai cara
7. setiap kali picking, selalu 1 buah not yg terpetik, karena dalam keadaan picking kecepatan tinggi, kadang kita cenderung menekan pick pada senar saat memainkan alternate picking, akibatnya bisa terpeleset, dan 1 not kena pick 2 kali atau lebih, sehingga yg keluar adalah 2 buah nada atau lebih...
8. gunakan alat bantu seperti metronome untuk mengukur tingkat kecepatan yg sudah diperoleh, kalo perlu pakai alat bantu lainnya juga seperti finger exercizes untuk gitar dan bass
Selain bermain cepat, tentunya masalah akurasi(ketepatan) juga penting, akurasi tetap lebih diutamakan daripada kecepatan



Beberapa teknik picking / strumming gitar elektrik
pengertian dan peristilahan dalam dunia memetik gitar.
Untuk pemetikan gitar secara umum ada 2 kategori:
1. pemetikan gitar akustik


2. pemetikan gitar elektrik.



Pada gitar akustik dikenal cara memetik dengan teknik apoyando dan tirando misalnya. Tapi pada bahasan ini, saya lebih ke gitar elektrik dulu.
Ada 2 istilah yang sering dipakai untuk menjelaskan teknik memetik gitar disini: yaitu picking dan strumming. Saya cenderung mengartikan picking sebagai: memetik satu senar, dan strumming: memetik beberapa senar gitar sekaligus. Pada gitar elektrik kebanyakan pemain gitar menggunakan alat bantu pick untuk memetik gitar.
Dalam konteks teknik picking gitar elektrik ada beberapa teknik picking yang sering dibicarakan, yaitu: downstroke, upstroke, alternate picking, sweep picking, tremolo picking.
1. downstroke(notasi tablature: v): cara memetik dari atas ke bawah
2. upstroke(notasi tablature: ^): cara memetik dari bawah ke atas
3. alternate picking: gabungan dari downstroke, upstroke atau upstroke,downstroke.
4. sweep picking: gerakan "sapuan" menggunakan pick untuk menghasilkan suara yang cepat dan mengalir, dari atas ke bawah atau sebaliknya, biasa dipakai untuk memainkan arpeggio
5. tremolo picking: satu not dimainkan cepat dan berulang-ulang
Teknik-teknik diatas sering dipakai dalam picking gitar elektrik
Sekian Dulu dari gitaroku....Mudah-mudahan Bermanfaat